Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Istilah Dalam Memancing - Part 1

 ISTILAH DALAM MEMANCING


        Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang hobby atau suka, selain untuk mengisi waktu luang , memancing juga bisa melatih kesabaran..infonya!!hehe. Nah bagi sobat Pandu yang ingin belajar atau memulai memancing ga ada salahnya mengetahui istilah istilah dalam memancing. Pandupedia akan memberikan informasi terkait istilah istilah yang ada dalam dunia memancing.berikut ini :


1. Rod

Rod  yaitu joran pancing. Dipasaran banyak sekali jenis dan type joran pancing ini, dengan harga yang sangat bervariasi. Sobat Pandu tinggal sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan memancingnya. Joran pancing bisa terbuat dari bambu untuk yang tradisional, fiberglass hingga carbon fiber.



2.  Rod Action 


    Ada 3 faktor utama yang menentukan aksi dari sebuah joran : material blank, taper dan ketebalan pipa. Action sebuah joran sering disebut lambat, cepat, dan sedang. Maka untuk menjelaskan tentan action joran tersebut adalah: action ditentukan oleh jarak titik dimana sebuah joran mulai melengkung sampai titik dimana joran berhenti melengkung. Titik utamanya ditentukan oleh taper dari joran tersebut. Semakin tinggi (semakin ke ujung) titik dimana joran berhenti melengkung, maka aksi joran tersebut disebut semakin cepat, sebuah joran dikatakan cepat bila pemancing hanya butuh sedikit mengayunkan joran misalnya dalam menggunakan teknik casting.

Fungsi lain dari action joran adalah efeknya terhadap jarak casting-an kita (jarak lempar) dan akurasi/ketepatan lemparan Idta.Semakin lambat action sebuah joran maka akan semakin melengkung joran tersebut saat melakukan casting. Semakin melengkung sebuah joran, akan semakin banyak energi yang disimpan oleh joran tersebut yang nantinya akan dilepaskan bersamaan dengan melurusnya kembali joran tersebut. Hal ini akan menyebabkan transfer energi yang semakin efisien yang pada gilirannya akan membuat jarak lemparan semakin jauh. Semakin efisien transfer energi yang dapat dilakukan oleh sebuah joran, akan semakin kecil pengaruh sudut simpangan arah energi dari tangan pemancing terhadap arah lemparan, sehingga akan menghasilkan lemparan semakin akurat.


3.Tegeg


            Tegeg merupakan sejenis joran yang penggunaannya tanpa menggunakan reel, tegeg biasanya dari 1,8 meter sampai 4,8 meter,tergantung kebutuhannya. Tegeg hanya membutuhkan seutas benang, pelampung dan kail dalam pengunaannya. Biasanya tegeg digunakan untuk memancing ikan mujair, atau ikan yang tidak perlu jauh jauh melempar umpannya.


4. Reel




        Reel merupakan alat penggulung tali atau senar pancing, ukurannya bermacam macam sesuai dengan kekuatan reel itu sendiri. Reel bisa berbentuk spinning, baitcasting, overhead maupun underhead. Bagi sobat Pandupedia, yang ingin belajar mancing sebagai pemula bisa memilih reel dengan kisaran harga 100 ribu - 300 ribuan.


Posting Komentar untuk "Mengenal Istilah Dalam Memancing - Part 1"