Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bagian Bagian Komputer

 

Ilustrasi Komputer 
( sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-komputer )

    Saat ini hampir semua orang mengenal bahkan menggunakan komputer dalam setiap aktifitas, baik komputer berbentuk komputer CPU ataupun berbentuk portabel atau laptop. Sebagian dari sobat Pandu mungkin hanya bisa menggunakan nya saja tanpa mengetahui bagaiamana proses perakitan komputer bisa sampai digunakan. Nah...kali ini sobat Pandu, Pandupedia akan memberikan informasi terkait cara merakit komputer khusunya Komputer PC disertai nama bagian bagian dari komputer dan cara kerjanya.

    Komputer terbagi menjadi 2 bagian utama, yaitu Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunas, untuk penjelasanya sebagai berikut :


1.Hardware

        Hardware merupakan bentuk atau fisik dari sebuah bagian komputer, hardware ini yang memproses dan berfungsi menjalankan perangkat lunak atau sofware. Bagian bagian dari Hardware ini secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut :

  • Power Suplly
Power Supply Komputer
( Sumber : https://www.indoworx.com/power-supply )

    Yang pertama bagian dari komputer ada Power Supply, bagian ini yang berfungsi sebagai catu daya komputer. Power supply ini merubah tegangan AC 220 V, ke tegangan DC yang dibutuhkan oleh Motherboard atau bagian lainnya. Kabel keluaran dari Power Supply ini terdiri dari beberapa kabel dengan beberapa macam besaran tegangan DC, ada 5 Vdc, ada 12 Vdc, dan lainnya. Kerusakan dari Power Suply ini dapat menyebabkan komputer mati total.
    Dalam merakit sebuah PC, dibutuhkan power suplly dengan daya yang disesuaikan dengan kebutuhan motherboard atau PC nya. Ketidaksesuaian dalam memilih power suplly dapat menyebabkan PC tidak bekerja maksimal atau bahkan menyebabkan power supply cepat rusak. Dipasaran harga untuk power supply ini sangat bervariasi tergantung dari merk dan typenya, dari harga terendah 100 ribu sampai jutaan juga tersedia.

  • Motherboard
                    Motherboard atau biasa disebut mainboard,  merupakan sebuah printed circuit board (PCB) yang bertindak sebagai tulang belakang pada sebuah komputer, motherboard ini yang menyatukan semua bagian bagian dari komputer, seperti prosesor, RAM, Hardisk dan lainnya.




Di motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang, seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB. Selain itu motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan mouse. Intinya motherboard inilah yang membuat seluruh komponen dikomputer bekerja menjadi sebuah satu kesatuan yang disebut CPU.

  • RAM ( Random Acces Memory )
                    Random Access Memory atau RAM adalah perangkat dalam sebuah komputer yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat komputer 


( Sumber : https://idmarimo.com )


        Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive. Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

  • Hardisk
                    Harddisk atau sering kali disebut harddrive, maupun disk drive. Komponen ini pasti dijumpai pada setiap komputer maupun laptop. Secara sederhana harddisk inilah yang menyimpan seluruh data dari semua program yang berjalan pada komputer.


( sumber : https://www.kompasiana.com )

2.Software

            Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik, Anda bisa mengoperasikannya lewat perangkat komputer. Untuk pembuatannya sendiri, perangkat ini memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang pemrogram/orang yang ahli akan bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat tersebut dikompilasikan memakai aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware/ perangkat keras. Yang dimaksud hardware/perangkat keras disini adalah Personal Computer/komputer.



        Kemudian perangkat lunak yang ada pada perangkat keras tersebut merupakan nyawa dari komputer itu sendiri. Dengan begitu, tanpa menginstall sistem operasi tersebut komputer Anda pun tidak dapat dijalankan. Pasalnya, dengan software itulah yang merupakan suatu perintah program untuk menjalankan kebutuhan pada sebuah komputer.







Posting Komentar untuk "Mengenal Bagian Bagian Komputer"