Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Harddisk Pada Komputer

Komponen Dalam Harddisk 


            Komponen harddisk memiliki peran penting untuk menyimpan data. Kerusakan pada salah satu komponen akan menyebabkan kerusakan pada harddisk. Adapun komponen-komponen dalam harddisk adalah sebagai berikut:

  • Platter atau Cakram Magnetik

Platter atau cakram magnet berbentuk pelat tipis. Pelat tersebut digunakan untuk menyimpan data pada komputer secara permanen. Cakram berbentuk bulat ini akan berputar ketika data dibaca.Terdapat lebih dari satu pelat cakram di dalam harddisk untuk menjaga data.Setiap pelat cakram memiliki ukuran yang berbeda.

  • Spindle

Spindle merupakan pusat dari cakram platter yang berputar. Kecepatan dari splindler dalam memutar cakram magnetik sangat memperngaruhi kecapatan transfer data yang dilakukan. Semakin cepat perputarannya maka proses membaca data juga semakin cepat pula.

  • Read-write Head

Read Write Head berfungsi untuk membaca data di dalam platter. Head ini terletak di atas cakram platter. Terdapat jarak antara head dengan pelat cakram tersebut. Jarak ini bertujuan agar harddisk kalian tidak cepat rusak karena gesekan head dan pelat cakram.

  • Aktuator

Aktuoator ini merupakan lengan yang bergerak mengatur perputaran pada spindle. Komponen ini berfungsi sebagai pengawas dalam pembacaan data pada harddisk.

  • Enclosure

Enclouse adalah lapisan terluar harddisk yang memiliki fungsi untuk melindungi seluruh komponen di dalamnya. Terdapat filter yang digunakan untuk menjaga suhu pada harddisk.


Cara Kerja Harddisk

Harddisk pada umumnya bekerja untuk menyimpan file atau data. Namun jarang kalian ketahui bagian prinsip kerja dari harddisk melalui komponen-komponen di dalamnya. Berikut adalah prinsip kerja dari harddisk:



Platter atau cakram magnetik pada harddisk akan digerakan oleh spindle dalam kecepatan tinggi. Kualitas sebuah harddisk pada umumnya diukur melalui kecepata spindle dalam memutar cakram.

Selanjutnya head yang berada di sebuah spindle akan membaca data yang tersimpan di dalam platter. Heads ini pula yang akan merekam dan mengatur transfer data.

Pertukaran informasi yang terjadi dalam spindle ini akan diatur oleh aktuator. Aktuator ini yang menghubungkan dan memberi instruksi kepada pengendalian data.

Setiap pelat atau cakram magnetik dalam platter memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini bergantung kepada kapasitas harddisk. Ukuran pelat yang berbeda ini berfungsi untuk mempercepat kerja harddisk dalam mengolah data.

Pelat atau cakram magnetik ini memiliki ruang kerjanya masing-masing. Sedangkan di ruang tersebut juga terdapat sekto-sektor lainnya yang lebih kecil. hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kerja harddisk.

Sumber : https://www.taxifabric.org/fungsi-harddisk

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Harddisk Pada Komputer"