Cara Pasang TWRP di HP Xiaomi All Type



1. Tentang TWRP


TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang pada dasarnya memiliki kemampuan atau memungkinkan pengguna untuk mem-flash file kustom, firmware, root, xposed dengan mudah dan cepat. File berekstensi .zip, .img dan lainnya dapat dengan mudah di-flash oleh alat ini. Selain itu, TWRP juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan penting, misalnya membuat backup & restore ROM / data, reset pabrik, instal GApps, bersihkan cache, wipe data, wipe dalvik dan sebagainya. File TWRP sendiri berformat ISO atau Disc Image File, nah untuk filenya sobat Pandu silahkan download di tautan dibawah ini dan pastikan sesuai dengan type handphone yang sobat miliki ya!!



Tapi sebelum sobat Pandu lakukan pemasangan TWRP ini, HP Xiaomi milik sobat Pandu harus sudah dilakukan UNLOCK BOOTLOADER ya. Untuk mengetahui dan apa itu Unlock Bootloader, silahkan klik tautan dibawah ini ya :

>>> CARA UNLOCK BOOTLOADER HP XIAOMI ALL TYPE<<


2. Persiapan pasang TWRP

Nah jika HP Xiaomi sobat Pandu sudah dalam posisi Unlock, kita lanjutkan proses pemasangan TWRP nya...silahkan sobat Pandu download file file yang diperlukan untuk proses pemasangan TWRP dibawah ini :

  1. Download dan instal Driver HP Xiaomi disini
  2. Download dan instal ADB Fastboot disini
  3. USB Debugging dan OEM Unlocking  dalam keadaan aktif. Silahkan baca tutorialnya disini.
  4. Sebuah komputer berbasis Windows.
  5. Kabel USB original / masih berfungsi baik.
  6. Daya Baterai HP minimal 50%. 
 3. Proses Pemasangan Pasang TWRP

  • Ekstrak file TWRP di atas menggunakan WinRar/7-Zip lalu ganti namanya menjadi twrp. Setelah itu pindahkan file tersebut ke dalam folder Fastboot (biasanya ada di direktori C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot).
  • Masuk ke Mode Fastboot. Caranya silahkan matikan ponsel hingga off total. Setelah itu tekan dan tahan tombol POWER + VOL BAWAH lalu lepaskan setelah Logo Mi Bunny muncul.



  • Koneksikan smartphone Xiaomi  ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Buka komputer lalu masuk folder Fasboot yang ada di direktori C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot. Pastikan di dalamnya telah terdapat file twrp.img.


  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol SHIFT pada keybord lalu klik kanan di tempat kosong dan pilih Open command window here atau blok pada tanda panah diatas dan ketik : cmd


  • Selanjutnya, untuk memulai proses pemasangan TWRP, ketikkan perintah-perintah berikut di jendela CMD.
  1. ketik perintah " fastboot devices " /tanpa tanda kutip
  2. ketik perintah " fastboot flash recovery twrp.img " /tanpa tanda kutip 
  • Jika sudah muncul tulisan, "STATUS OKAY " berarati proses pemasangan TWRP sobat Pandu sudah berhasil.
  • Langkah selanjutnya, lepaskan kabel data kemudian tekan tombol power + volume up sampai muncul menu TWRP 
  • Di dalam Mode TWRP, silahkan flash file DM-Verity/No-Verity dengan cara tap Install » Cari File dm/no-verity.zip » kemudian usap ke kanan pada "Swipe to Confirm Flash".
  • Terakhir reboot system
  • Nah..sobat Pandu sudah berhasil pasang TWRP di HP Xiaomi...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Recent in Technology