Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan DVR dan NVR



DVR VS NVR

Jika sebelumnya anda telah familiar dengan kamera CCTV analog, dan paham dengan cara mengatur atau melakukan konfigurasi kamera CCTV analog, anda pasti mengatahui jika seluruh kegiatan yang terjadi pada kamera, akan selalu disambungkan dengan DVR (Digital Video Recorder) untuk bisa merekam, memproses dan menyimpan seluruh data yang ada. IP Camera menggunakan alat yang hampir sama kerjanya, namun berbeda namanya yaitu NVR (Network Video Recorder). Lalu apa perbedaannya? Yap, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan perangkat bernama switch, anda bisa menyambungkan banyak kamera dengan hanya menggunakan 1 NVR, hal tersebut tidak bisa dilakukan jika anda menggunakan CCTV Analog. Anda juga mendapatkan kebebasan dan fleksibilitas dalam penempatannya, asalkan antara kamera, switch dan NVR berapa pada satu interface jaringan atau mudahnya berada pada satu LAN (Local Area Network).



Secara teknik, proses pengambilan video kedua perangkat ini berbeda. Jika pada CCTV analog, DVR bertanggung jawab untuk melakukan semuanya, mulai dari proses merekam, memproses video hingga menyimpan video. Hal tersebut jauh berbeda dengan IP Camera, pada IP Camera proses merekam dilakukan oleh kamera itu sendiri, lalu hasilnya di transmisikan ke dalam NVR. NVR sendiri tidak membutuhkan banyak software dan biasaya telah menggunakan software bawaan untuk memproses dan menyimpan video. Meski begitu, NVR juga bisa di tambahi software sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Ketika memilih sebuah NVR, salah satu hal yang bisa jadi bahan pertimbangan penting adalah throughput atau jumlah material atau item yang bisa masuk kedalam sistem atau proses, hal ini cukup penting untuk bisa menjadi standart menentukan performa dari NVR. Performa dari NVR dihitung dengan satuan Mbps.
Semakin besar througput yang ada, maka semakin besar bandwidth yang bisa ditangani oleh NVR. Semakin besar resolusi dan frame rate pada kamera, maka akan semakin besar bandwidth yang di butuhkan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan DVR dan NVR"