Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian RFID dan Cara Kerjanya



Pengertian RFID

RFID merupakan singkatan dari Radio Frequensy Identification,yang memiliki arti sistem identifikasi atau pengenalan berbasis wireless yang dapat digunakan untuk pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode atau magbetic card. Untuk mengirim kode, alat ini menggunakan sistem radiasi elektromagnetik.

Prinsip Kerja RFID

RFID menggunakan gelombang radio untuk sistem identifikasi, sehingga dibutuhkan minimal dua buah perangkat agar alat ini mampu berfungsi. Perangkat tersebut adalah Tag dan Reader. Tag RFID yaitu perangkat yang memiliki data pengenal (ID) yang dipasang pada objek. Sedangkan Reader RFID  yaitu perangkat yang berfungsi untuk membaca data pengenal (ID) yang ada di dalam Tag RFID.

 
Dalaman Kartu RFID



Tag RFID terdapat 2 jenis istilah yaitu Read-Write dan Only Read. Selain itu Tag RFI mempunyai 2 komponen utama yang penting, antara lain:
  1. IC (Integrated Circuit) : berfungsi untuk pemproses informasi, modulasi serta demodulasi sinyal RF, yang beroperasi dengan catudaya DC.
  2. ANTENNA : mempunyai fungsi untuk mengirim maupun menerima sinyal RF.
Sedangkan pada Reader RFID dibedakan menjadi 2 macam, antara lain :
  1. Pasif : Hanya dapat menerima sinyal radio dari Tag Aktif (yang dioperasikan dengan baterai) karena hanya memiliki sistem pambaca pasif.
  2. Aktif : memiliki sistem pembaca aktif yang dapat memancarkan sinyal interogatorke TAG dan menerima balasan autentikasi dari Tag. Sinyal interogator ini juga menginduksi Tag sehingga menjadi sinyal DC yang dapat menjadi sumber daya Tag Pasif.
Untuk menggunakan Tag RFID cukup didekatkan 1-5 cm, maka Tag RFID dapat dibaca oleh RFID Reader. Saat ini, RFID banyak digunakan diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit dan masih banyak lagi.




Posting Komentar untuk "Pengertian RFID dan Cara Kerjanya"